PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV (EMPAT) SD NEGERI 25/V TUNGKAL V DALAM MATA PELAJARAN MTK

KARYA ILMIAH

  PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA KELAS IV (EMPAT)
SD NEGERI 25/V TUNGKAL V
DALAM MATA PELAJARAN MTK

 
DISUSUN OLEH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
NAMA    : M. LAMRI
NIM     : 820736152
LOKAL     : F

 
DOSEN     : Drs. ABDUL MUSI, M.Pd
NIP        : 19630529190031004

 

 

 

 

 

 
UNIVERSITAS TERBUKA
TANJUNG JABUNG BARAT
2010

 
PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA KELAS IV (EMPAT)
SD NEGERI 25/V TUNGKAL V
DALAM MATA PELAJARAN MTK
KARYA ILMIAH

 

 

 

 
OLEH

 

 
M. LAMRI
NIM. 821736152

 

 

 

 
TELAH DI SETUJUI /DISAHKAN OLEH PEMBIMBING KARYA
ILMIAH BIDANG STUDI PENELITIAN DALAM KELAS (PTK)
UNIVERSITAS TERBUKA
KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT






TUTOR PEMBIMBING            

PTK                         KUALA TUNGKAL, MEI 2010

                 KEPALA SDN NO.25/V TUNGKAL V









Drs. ABDUL MUIS, M.Pd             SUDIRMAN, A.Ma.Pd

NIP. 196305291990031004            NIP.























UNIVERSITAS TERBUKA

TANJUNG JABUNG BARAT









KARYA ILMIAH, MEI 2010

M. LAMRI







PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN SISWA KELAS IV (EMPAT)
SD NEGERI NO.25/V TUNGKAL V
KECAMATAN SEBERANG KOTA

 


ABSTRAK






Saya merasakan akhir-akhir ini pemahaman siswa kelas IV tentang pelajaran MTK sangat rendah dan setiap latihan yang diberikan tidak ada yang betul. Saya merasa penjelasan yang saya berikan cukup jelas.
Untuk mengetahui mengapa hal ini bisa terjadi saya akhirnya melakukan penelitian apa penyebab siswa kelas IV (empat) kurang memahami pelajaran MTK.
Disini saya melihat mungkin karena kurangnya saran belajar seperti alat peraga yang dibutuhkan dipelajaran MTK.
Akhirnya saya melakukan penelitian bersama personil sekolah yang menggunakan alat peraga MTK dengan alat peraga yang dibutuhkan adalah Kubus, Balok, dan Tabung.
Disini saya melihat siswa tersebut merasa senang belajar dengan menggunakan alat peraga tersebut

 








DAFTAR ISI


Halaman Judul    

Lembar Pengesahan I    

DAFTAR ISI I    

BAB I     : PENDAHULUAN I    

     Latar Belakang    

  1. Rumusan Masalah    
  2. Tujuan Penelitian    
  3. Manfaat Penelitian    
BAB II    :    KAJIAN PUSTAKA    

BAB III    :    PELAKSANAAN PENELITIAN    

  1. SUBJEKTIF PENELITIAN     
    1. Lokasi    
    2. Waktu    
    3. Kelas dan Mata Pelajaran    
    4. Karakteristik Siswa    
  2. Deskripsi Persiklus     
    1. Rencana    
    2. Pelaksanaan    
    3. Refleksi    
BAB IV    :    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN    

  1. Deskripsi Persiklus    
  • Rencana    
  • Pelaksanaan    
  • Hasil    
BAB V    : KESIMPULAN DAN SARAN    

  1. Kesimpulan    
  2. Saran    
DAFTAR PUSTAKA

Lampiran-lampiran : - Daftar Nama Guru

  • Daftar Nama siswa
  • Biodata Penelitia
  • Kelengkapan Kelas

 

 

 

 

 
BAB I
PENDAHULUAN

 


  1. LATAR BELAKANG
PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri melalui reflikasi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Guru dianggap paling tepat melakukan pTk karena :
  1. Guru mempunyai otonomi untuk menilai tujuanya.
  2. Temuan Penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran.
  3. Guru merupakan orang tua yang paling akrab dengan kelasnya
  4. Interaksi guru/siswa berlangsung secara unik.
  5. Ketelibatan guru di berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru mampu melakukan penelitian di kelasnya.
Dalam penelitian ini saya akan meneliti kwalitas pembelajaran yang saya ajarkan di kelas IV (empat) SDN 25 /V Tungkal V yaitu dalam mata pelajaran MTK saya merasa risau karena akhir-akhir ini, hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang saya harapkan.
Adapun masalah yang saya hadapi didalam memberikan pelajaran MTK dikelas IV (empat) SD adalah :
  1. Kurang daya tangkap siswa waktu saya menerangkan pelajaran didepan
  2. siswa sering rebut diwaktu menerangkan pelajaran.
  3. Dikelas IV (empat) SDN No. 25/V Tungkal V masih ada murid yang kurang /belum bisa berhitung.
  4. Siswa tidak dapat menyelesaikan latihan/tugas yang diberikan
  5. Siswa selalu keluar masuk waktu jam pelajaran dimulai
  6. Kurangnya sarana pembelajaran seperti Buku Paket, dan alat Peraga MTK
Dari masalah diatas dapat saya analisiskan yaitu siswa kelas IV (empat) SDN No. 25/V Tungkal V masih ada yang belum bisa berhitung dan kurangnya saran pembelajaran seperti buku dan alat peraga MTK sehingga siswa sulit memahami pelajaran MTK yang diberikan.
Dan upaya saya lakukan adalah meningkatkan kelancaran berhitung dan menulis pada waktu siswa kelas IV (empat) SDN No.25/V Tungkal V dengan cara menerapkan Reword dan Panismen kepada setiap siswa kelas IV(empat) No.25/V Tungkal V maka siswa akan lancar berhitung dan menulis.
Dalam penelitian ini saya dibantu oleh semua personil di sekolah yaitu kepala sekolah dan majelis guru SDN No. 25/V Tungkal V

 
  1. RUMUSAN MASALAH
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana :

  1. Bagaimana dalam penelitian siswa yang belum bisa berhitung dan menulis
  2. Cara memperoleh sarana pembelajaran seperti Buku Paket, dan alat peraga yang dibutuhkan siswa


  1. TUJUAN PENELITIAN
  2. Memenuhi salah satu tugas mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  3. Ingin melakukan penelitian ilmiah dalam KBM MTK ditempat saya bertugas yaitu kelas IV (empat)
  4. Ingin menjadikan SD kami SD yang bermutu

     
  5. MANFAAT PENELITIAN
    1. Bagi Guru
    1. Membantu guru memperbaiki pembelajaran
    2. Membantu guru berkembang secara professional
    3. Meningkatkan rasa percaya diri guru
    4. Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
      1. Bagi siswa
Untuk meningkatkan proses hasil belajar siswa

  1. Bagi Kepala Sekolah
PTK membantu sekolah untuk berkembang karena adanya kemajuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah tersebut.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
BAB II
KAJIAN PUSTAKA




Menurut (Laos V. Jhonson dan Marya Bani, 1970) tugas guru seperti menglontrol, mengatur atau mendisiplinkan peserta didik adalah tindakan guru yang sudah tidak tepat lagi. Dewasa ini aktivitas guru yang terpenting adalah memanajemeni, mengorganisir dan mengkoordinasikan usaha atau aktivitas peserta didik menuju tujuan pembelajaran.
Manajemn kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru dalam memutuskan, memahami, mendiagnosa dan kemampuan bertindak menuju perbaikan suasana kelas terhadap aspek-aspek manajemen kelas.
Adapun aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam manajemen kelas adalah sifat kelas, pendorong kekuatan kelas, situasi kelas, tindakan selektif dan kreatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN


  1. SUBJEKTIF PENELITIAN
    1. Lokasi
    Adapun lokasi adalah SDN No, 25/V Tungkal V

    1. Waktu
    Penilaian saya mulai dari 04 April s/d 23 Mei 2010

    1. Mata Pelajaran
    Mata pelajaran yang saya teliti adalah MTK kelas IV

    1. Karakteristik
    - Jumlah siswa     :

    - Jenis Kelamin     :

    - Latar Belakang     : Merupakan bagian dari keluarga yang kurang mampu dan kurang perhatian dari orang tua.


  1. DESKRIPSI PERSIKLUS
    1. Tahapan / Persiapan
      1. Pemahaman konsep PTK
      2. Membuat identifikasi masalah
      3. Menganalisa masalah
      4. Merumuskan masalah
      5. Memecahkan masalah
      6. Membuat Usulan penelitian tindakan kelas
    2. Tahapan Penelitian dan Analisis
      1. Membuat kerangka penelitian
      2. Melakukan Penelitian
      3. Menganalisa hasil penelitian
      4. Membuat hasil PTK itu sediri
    3. Tahap Pelaporan
      1. Memperbanyak hasil PTK

      2. Menyampaikan hasil PTK
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


Berdasarkan hasil observasi, diskusi dengan teman sejawat, dan hasil latihan siswa, ditemukan bahwa dengan menggunakan alat peraga Kubus, Balok dan Tabung, siswa aktif mencari sisi dan rusuk, tidak ada siswa yang diam.
Semua siswa asyik mengerjakan tugas yang diberikan guru, kegiatan ini berpengaruh besar pada pemahaman anak. Hasil latihan tentang balok, kubus, dan tabung menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas 85, dengan nilai terendah 65 dan tertinggi 100.










































BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


  1. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang dilakukan dikelas IV yaitu mata pelajaran MTK maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
  • Siswa merasa senang belajar dengan menggunakan alat peraga
  • Siswa sudah dapat menjawab pertanyaan yang saya ajukan
  • Semua siswa ingin kedepan menggunakan alat peraga
  • Siswapun tahu apa itu kubus, balol dan tabung

 
  1. Rekomendasi /Saran
  • Bagi Sekolah
Sekolah harus menyediakan berbagai bentuk alat peraga yang dibutuhkan murid didalam belajar guna untuk memudahkan siswa dalam memahami suatu pelajaran
  • Bagi Siswa
Dengan menggunakan alat peraga dalam menerangi pelajaran MTK membuat siswa merasa sengang dan dapat memahami pelajaran MTK yang dijelaskan
  • Bagi Orang Tua
Orang tua juga harus mengontrol anak-anak dirumah dan kembali mengulang pelajaran yang diberikan guru dirumah

 

 

 

 

 

 

 

 
DAFTAR NAMA GURU
SD NEGERI NO 25/V TUNGKAL V KECAMATAN SEBERANG KOTA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT


NO 
N A M A 
JABATAN 


1
2
3
4
5
6
7
8
9

 
SUDIRMAN, A.Ma.Pd
KAMISAH, A.Ma,Pd
MUHAMMAD KHAIDIR
MURDANI
NEMI HARTATI
ABASIAH
YUSMAYATI
MASRURAH, S.Pd.i
RUBIATI  

 
KEPALA SEKOLAH
GURU KELAS VI
GURU KELAS V
GURU KELAS IV
GURU KELAS III
GURU KELAS II
GURU KELAS I
GURU AGAMA
GURU KTK  




























BIODATA PENELITI




Nama             : M. LAMRIA

NIM             : 820736152

Tempat .Tgl. Lahir     : Tungkal V, 02 – 06 – 1985

Jenis Kelamin         : Laki-laki

Alamat         : Jalan Dungun Sari RT. II Tungkal V

Agama         : Islam

Status Kawin         : Belum Kawin

Riwayat Pendidikan     :







 
No 
NAMA 
NIS 
NILAI 
PERUBAHAN NILAI 
AWAL 
AKHIR 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22 
M. Ridwan

Hamdani

Khairudin

Sahrul Gunawan

Masrian Saputra

Taupik Patahillah

Alfiannur

Yolanda Maulana Putra

Gazali

Abdul Alek Anugrah

Hadi Purnomo

M. Nizam

Topan Pranata A.K

Latifah

Rahil Padilah

M. Saripullah

M. Helmi

Sarinawati

Safi'i

Ahmad Pauji

Khairullah

Pahri Ramdani 
867
891
878
871
858
868
883
879
854
853
804
896
927
961
860
857
856
881
866
865
863
869 
6
6
5
6
6
6
7
7
5
6
6
6
5
6
6
6
6
6
6
5
5
7
7
7
6
7
7
7
7
6
6
6
7
6
6
6
7
6
6
6
7
6
Naik 1
Naik 1
Naik 2
Tetap
Naik 1
Naik 1
Tetap
Naik 1
Naik 1
Tetap
Tetap
Naik 1
Naik 1
Tetap
Tetap
Naik 1
Tetap
Tetap
Tetap
Naik 2
Naik 1
Naik 1 
Jumlah Nilai Rata – Rata 
5,8 
6.5 

 

 

 

 

 

 

 
NAMA SISWA / I KELAS IV
SD NO 25 / V TUNGKAL V
KECAMATN SEBRANG KOTA

 
NO 
NAMA
JENIS KELAMIN 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22 
M. Ridwan
Hamdani
Khairudin
Sahrul Gunawan
Masrian Saputra
Taupik Patahillah
Alfiannur
Yolanda Maulana Putra

Gazali

Abdul Alek Anugrah

Hadi Purnomo

M. Nizam

Topan Pranata A.K

Latifah

Rahil Padilah

M. Saripullah

M. Helmi

Sarinawati

Safi'i

Fahri Ramdani

A.Pauji

Khairullah  
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Perempuan
Perempuan
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki
Laki – laki