Panduan Penyususnan KTSP

KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap  kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah. Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi, dan berpedoman pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP . (http://infosertifikasi.blogspot.com)

MAKALAH ILMU PENDIDIKAN TENTANG PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MEMBACA ANAK DITINJAU DARI PENDEKATAN STRES LINGKUNGAN

BAB I
PENDAHULUAN

Tiap bulan September diperingati sebagai Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan. Melalui peingatan itu diharapkan masyarakat menjadi gemar membaca, khususnya anak-anak Sekolah Dasar (SD); sebab membaca adalah kunci untuk keberhasilan belajar siswa di sekolah. Kemampuan membaca dan minat membaca yang tinggi adalah modal dasar untuk keberhasilan anak dalam berbagai mata pelajaran.

MAKALAH INOVASI PENDIDIKAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pesatnya perkembangan lingkungan lokal, regional, dan internasional saat ini berimplikasi terhadap penanganan penyelenggaraan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan yang ada. Berkaitan dengan perkembangan tersebut, kebutuhan untuk memenuhi tuntutan meningkatkan mutu pendidikan sangat mendesak terutama dengan ketatnya kompetitif antar bangsa di dunia dalam saaat ini. Sehubungan dengan hal ini, paling sedikit ada tiga fokus utama yang perlu diatasi dalam penyelenggaraan pendidikan nasional, yaitu: (i) upaya peningkatan mutu pendidikan; (ii) relevansi yang tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan, dan (iii) tata kelola pendidikan yang kuat. Depdiknas menempatkan ketiga hal tersebut dalam rencana strategis pembangunan pendidikan nasional tahun 2004-2009, namun disadari bahwa ketiganya tetap mendesak dan relevan dalam penyelenggaraan pendidikan nasional pada waktu yang akan datang.

KOMPLEKSITAS TUGAS DAN PERAN PEMIMPIN DALAM KEPENDIDIKAN

A. PENDAHULUAN
Untuk mengetahui bagaimana kompleksitas tugas dan peran pemimpin dalam kependidikan dalam hal ini katakan saja kepala sekolah, akan berhasil dalam tugasnya apabila ia memiliki gaya kepemimpinan yang efektif yakni memperhatikan hubungan antar manusia (Human Relationship). Pelaksanaan tugas serta memperhatikan situasi dan kondisi (sikon) yang ada. Adapun tentang gaya kepemimpinannya yang efektif adalah mampu memelihara hubungan dengan baik dengan bawahannya, ia harus mengenal bawahannya dengan mengetahui kepentingan-kepentingannya yang dapat menimbulkan motivasi bekerja untuk memperoleh kepuasan bekerja.

DOWNLOAD FILE LENGKAP KUMPULAN PERMENDIKNAS SILABUS KTSP KKM , RPP, PANDUAN PENYUSUNAN RANCANGAN PENILAIAN

(2) 7. PEMBELAJARAN TUNTAS.rar
1. PANDUAN UMUM PENGEMBANGAN SILABUS.rar
1. RANCANGAN PENILAIAN.rar
1.PERMENDIKNAS NO 22 THN 2006 SI.rar
10. PENGEMBANGAN MULOK.rar
10. PERMENDIKNAS NO. 2 Tahun 2008 BUKU.rar
11. PERMENDIKNAS NO 41 TAHUN 2007 STANDAR PROSES.rar
12. SK BSNP NO. 1060 TAHUN 2008 TENTANG POS US.rar
13.PERMENDIKNAS NO. 3 Tahun 2008 STD_PROSES KESETARAAN.rar
14.PERMENDIKNAS NO. 4 TAHUN 2008 KALENDER.rar
15. PERMENDIKNAS NO. 5 TAHUN 2008 TENTANG US.rar
17.STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR SMA-MA.rar
18.STANDAR DAN KOMPETENSI DASAR.rar
19. SK DIRJEN TENTANG LHB KTSP TAHUN 2008.rar
2. PANDUAN PENGEMBANGAN RPP.rar
2. PANDUAN PENYUSUNAN KTSP.rar
2. PENETAPAN KKM.rar
2.PERMENDIKNAS NO 23 THN 2006 SKL.rar
25.ANALISIS BUTIR SOAL-HASIL UJIAN, 180208.rar
3. PANDUAN PENGEMBANGAN INDIKATOR.rar
3. PANDUAN PENILAIAN KEL 5 MAPEL.rar
3. PENILAIAN AFEKTIF.rar
3. Penilaian. kel.mapel.rar
3.PERMEN DIKNAS NO 24 THN 2006 DAN NO 6 TAHUN 2007.rar
4. PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN.rar
4. PENILAIAN PSIKOMOTOR.rar
4.PERMENDIKNAS NO.12,13,16,18 Thn 2007.rar
5. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.rar
5. PENULISAN BUTIR SOAL.rar
5. PERMENDIKNAS No 14 Tahun 2007 SI PAKET A B C.rar
6. ANALISIS BUTIR SOAL.rar
6. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA.rar
6. SK DIRJEN TENTANG LHB KTSP TAHUN 2008.rar
6.PERMENDIKNAS NO 19 THN 2007 STANDAR.rar
7. PEMBELAJARAN TUNTAS.rar
7. PENULISAN LAP HASIL BELAJAR.rar
7. POLA PEMBINAAN IMPLEMENTASI KTSP.rar
7.PERMENDIKNAS NO. 20 THN 2007 PENILAIAN.rar
8. PEMBELAJARAN REMEDIAL.rar
8. PERANGKAT RINTISAN SKM-SSN, 270208.rar
8.PERMENDIKNAS NO 24 THN 2007 TTG SARANA.rar
9. PEMBELAJARAN PENGAYAAN.rar
9.PERMENDIKNAS NO. 40 TAHUN 2007 SERT_JALUR PEND.rar
A_Panduan_Kel_Mapel_Agama&AkhlakMulia.rar
B_Panduan_Kel_Mapel_Kewragnraan&Kepribdian.rar
C_Panduan_kel_mapel_Ipteks.rar
D_Panduan_Kel_Mapel_Estetika.rar
E_Panduan_Kel_Mapel_Olahraga&Kesehatan.rar
KELOMPOK MATA PELAJARAN.rar
PORTOFOLIO.rar


DOWNLOAN FILE LENGKAP LENGKAP DI SINI

DOWNLOAD PANDUAN KTSP

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU No.20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 butir 19).

PERANAN MANAJEMEN KELAS

PERANAN MANAJEMEN KELAS DALAM MENDUKUNG KINERJA GURU YANG EFEKTIF DAN MEMBENTUK PRILAKU SISWA

Hampir seluruh hasil survei mengenai keefektifan guru (teacher effectiveness) melaporkan bahwa keterampilan manajemen kelas menentukan keberhasilan proses belajar siswa atau peringkat yang dicapainya. Dengan demikian keterampilan manajemen kelas sangat krusial dan fudemental dalam mendukung proses pembelajaran. Guru – guru yang rendah keterampilannya dalam bidang manajemen kelas, barangkali tidak dapat menyelesaikan banyak hal yang menjadi tugas pokoknya. Pendapat ini dikemukakan oleh Brophy dan Evertson dalam Learning from Teaching, tahun 1976.

Mengelola (Manajemen) Kelas

Rasional
Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa, dan tugas guru adalah sebagian besar terjadi dalam kelas adalah membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal. Yang berhubungan dengan minat, kehendak, percakapan, kegiatan-kegiatn mereka sekaligus berhubungan dengan sarana dan prasarana pengajaran yang digunakan dalam PBM.

Manajemen Kelas

Dalam artikel sebelumnya kita membahas mengenai pengelolaan kelas perspektif baru dan selanjutnya kita akan membahas masalah manajemen kelas. Manajemen kelas merupakan bagian integral pengajaran efektif yang mencegah masalah perilaku melalui perencanaan, pengelolaan, dan penataan kegiatan belajar yang lebih baik, pemberian materi pengajaran yang lebih baik, dan interaksi guru siswa yang lebih baik, membidik pada pengoptimalan keterlibatan dan kerjasama siswa dalam belajar. Teknik kontrol perilaku atau pendisiplinan pada akhirnya akan tidak terlalu efektif karena teknik tersebut tidak mendorong perkembangan disiplin diri atau tanggung jawab anak sendiri atas tindakannya. Nilai-nilai dan ketrampilan sosial harus diajarkan dan dicontohkan oleh guru.

Download Soal UASBN SD, UN SMP dan SMU 2010 – 2011

Buat adik-adik jangan bingung menghadapi UN, atau takut dengan tidak LULUS, semangat terus yakin dan optimis anda bisa. Disini saya akan berikan beberapa gambaran Soal UN.