Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa



  1. Pendahuluan
    Layanan konseling kelompok pada hakekatnya adalah suatu proses antar pribadi yang dinamis, terpusat pada pikiran dan perilaku yang disadari, dibina dalam suatu kelompok kecil mengungkapkan diri kepada sesama anggota dan konselor, dimana komunikasi antar pribadi tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri terhadap nilai-nilai kehidupan dan segala tujuan hidup serta untuk belajar perilaku tertentu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya (Winkel, 2004).

DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKANSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

 
KODE                    : 072
BIDANG STUDI KEAHLIAN    : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

PROGRAM STUDI KEAHLIAN    : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA

KOMPETENSI KEAHLIAN    : MULTI MEDIA

  1. Definisi
Program keahlian yang mempelajari mengenai kompenti siswa dibidang bidang multimedia Multimedia merupakan kombinasi teks, seni,animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).

2.Tujuan Program Keahlian Multimedia
Tujuan program keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. mengoperasikan software
    dan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design
    b.    mengoperasikan software
    dan periferal multimedia, presentation,2D animation, dan 3D animation

    c.     mengoperasikan software dan periferal digital audio, digital video, dan visual effects

    1. Standar Kompentasi Lulusan

    2. Kompetensi Umum

      1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.

      2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.

      3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggungjawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.

      4. Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-aturan sosial.

      5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.

      6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.

      7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.

      8. Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.

      9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

      10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah komplek.

      11. Menunujukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.

      12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab.

      13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

      14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.

      15. Mengapresiasikan karya seni dan budaya.

      16. Menghasilkan karya kreatif baik individual maupun kelompok.

      17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani serta kebersihan lingkungan.

      18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.

      19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.



    3. Kompentensi Kejuruaan
      1. Menginstallasi sistim operasi
      2. Menyusun penawaran proposal proyek multimedia
      3. Membuat animasi stop-motion (bidang datar)
      4. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
      5. Menerapkan prinsip-prinsip seni fotografi dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
      6. Merawat peralatan Shooting
      7. Memperbarui isi halaman web
      8. Menguasai Teknik pengambilan gambar produksi

      9. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia



  2. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
Standar Kompetensi 
Kompetensi Dasar 
  1. Merakit Personal Computer (PC)

  1. Menjelaskan konsep sistem komputer

  2. Menjelaskan fungsi komponen-komponen/ Pheriferal PC

  3. Mengidentifikasi keamanan & keselamat Kerja

  4. Menjelaskan trobleshooting perakitan PC

  5. Mengidentikasi peralatan merakit PC

  6. Menguji perakitan PC.
  1. Menginstalasi Sistem operasi
  1. Menjelaskan klasifikasi sistemoperasi
  2. Menidentifikasi sfesifikasi komputer
  3. Menginstalasi sistemoperasi berbasis Gui
  4. Menginstalasi softwareaplikasi

 

  1. KOMPETENSI KEJURUAN
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar 
  1. Mengidentifikasi etimologi multimedia
  1. Mendefinisikan dan mengkategorikan tentang multimedia
  2. Mengidentifikasi multimedia content production
  3. Mengidentifikasi
    multimedia communication.
  1. Mengilustrasikan alir proses produksi produk multimedia
  1. Mengidentifkasi proses Pre Production multimedia
  2. Mengidentifkasi proses Production multimedia
  3. Mengidentifkasi proses Post Production multimedia.
  1. Menyusun proposal penawaran
  1. Menganalisa syarat-syarat proyek
  2. Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
  3. Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
  4. Membuat proposal
  5. Membuat pengajuan permohonan tender.
  1. Merumuskan prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja
  1. Menjabarkan UU keselamatan kerja
  2. Mengidentifikasi prosedur standar keamanan manusia
  3. Mengidentifikasi prosedur standar keamanan alat
  4. Menerapkan prosedur lingkungan kerja tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan.
  1. Merawat peralatan Shooting
  1. Mengindentifikasi langkah-langkah perawatan peralatan shooting
  2. Membuat kartu perawatan peralatan shooting.
  1. Memperbarui isi halaman web
  1. Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
  2. Memeriksa links dan navigasi
  3. Mengedit informasi sesuai kebutuhan
  4. Menguji dan memastikan perubahan perubahan.
  1. Menguasai Teknik pengambilan gambar produksi
  1. Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan shooting
  2. Men-set-up dan mengoperasikan kamera video dasar
  3. Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
  4. Mengoperasikan kamera
  5. Menata kabel-kabel kamera
  6. Mengoperasikan clapper board.
  1. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
  1. Mengidentifikasi kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
  2. Men-sketsa
  3. Menggambar perspektif
  4. Menggambar objek
  5. Menggambar ilustrasi.
  1. Membuat gambar kunci untuk animasi
  1. Mengidentifikasi syarat animasi
  2. Membuat gambar kunci
  3. Mengatur dan melengkapi gambar kunci.
  1. Membuat gambar clean-up dan sisip
  1. Menemukan syarat-syarat gambar yang asli
  2. Membuat gambar-gambar asli
  3. Mengidentifikasi syarat-syarat gambar tiga dimensi
  4. Membuat gambar tiga dimensi.
  1. Membuat animasi stop-motion (bidang datar)
  1. Identifikasi syarat-syarat animasi
  2. Membuat model warna dan tempat warna.
  1. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
  1. Menggunakan software teks multimedia
  2. Menciptakan teks multimedia.
  1. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
  1. Bekerja dengan gambar digital
  2. Menggunakan software grafik multimedia 2D
  3. Menciptakan design grafik Multimedia 2D
  4. Menampilkan karya seni digital 2D.
  1. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
  1. Menggunakan kamera digital
  2. Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia
  3. Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
  1. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
  1. Mengidentifikasi dan penjabaran format audio digital
  2. Menggunakan software audio digital
  3. Merancang dan audio digital
  4. Membangun track audio digital.
  1. Membuat Story Board aplikasi multimedia
  1. Menidentifikasi kebutuhan
  2. Merencanakan alur isi
  3. Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam Story board.
  1. Menggunakan Peralatan tata cahaya.
  1. Mengidentifikasi dasar tata cahaya
  2. Mengidentifiksdi efek cahaya
  3. Menyiapkan operasi lighting
  1. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
  1. Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
  2. Menginstallasi soft ware effek khusus
  3. Membuat efek khusus pada obyek.

 

  1. Ruang lingkup pekerjaan

 

No. 
Dunia usaha/industri
Lingkup pekerjaan 
1.
Pengembang Web

(Web Development) 

  • Pembuat web

  • Pemelihara web
2.
Pengembang Multimedia

(Multimedia Development) 

  • Pembuat multimedia

  • Pemelihara multimedia 
3.
Pengembang Permainan

(Game Development) 

  • Pembuat permainan (games)

  • Pembuat media simulasi (simulator)
4.
Rumah Produksi Sinema/Film

(Production House) 

  • Pembuat video klip

  • Penyunting video 
5.
Industri Media dan Periklanan

(Media and Advertisement) 

  • Pembuat animasi

  • Pembuat media informasi 

 

6. Program pembelajaran(Kurikulum)


  1. Durasi:
    Program keahlian Tehnik Multimedia sesuai dengan SKSD berikut ini untuk SMK 3 Tahun


  2. Substansi pembelajaran
    1). Mata Pelajaran :

    a. Dasar Multimedia
    b. Installasi soft ware sistim operasi dan aplikasi
    c. Tehnik Grafis
    d. Tehnik Animasi
    e. Tehnik pengambilan gambar
    f. Tehnik Pengambilan video
    g. Penyusunana proposal
    h. Administrasi Web
    g. Tehnik Produksi
    2). Muatan Lokal

    a. Bahasa Korea
    b. Pemograman Web
    3). Muatan Lokal Pengembangan diri
    a. kepemimpinan
    b. Kesenian
    c. Rohis

STRUKTUR PROGRAM KURIKULUM
Bidang Keahlian: Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian: Multimedia

 
NO.
KOMPONEN
JUMLAH JAM 3 TAHUN
JAM PELAJARAN
KELAS X
KELAS XI
KELAS XII
1
2
1
2
1*)
2
A.Mata Pelajaran
  1. Normatif
  1.1     Pendidikan Agama
192
2
2
2
2
2
2
  1.2     Pendidikan Kewarganegaraan
192
2
2
2
2
2
  1.3     Bahasa Indonesia
192
2
2
2
2
2
  1.4     Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan
192
2
2
2
2
2
  1.5     Seni Budaya
128
2
2
2
  2. Adaptif
  2.1     Matematika
516
4
4
4
4
4
4
  2.2     Bahasa Inggris
456
4
4
4
4
4
4
  2.3     Ilmu Pengetahuan Alam
192
2
2
2
2
2
  2.4     Ilmu Pengetahuan Sosial
128
2
2
2
2
  2.5     KKPI
202
4
4
  2.6     Kewirausahaan
192
2
2
2
2
  3. Produktif
  3.1   Dasar Kompetensi Kejuruan:
128
128
  3.1.1 Perakitan PC
64 
  3.1.2 Installasi software sistim operasi dan aplikasi
64 
  3.1     Kompetensi Kejuruan
  3.2.1 Tehnik Grafis
128 
  3.2.2 Tehnik Animasi
128 
  3.2.3 Tehnik pengambilan gambar
96 
  3.2.4 Tehnikpengambilan video
256 
  3.2.5 Administrasi Web
64 
  3.2.6 Penyusunan Proposal
128 
  3.2.7 Tehnik Produksi 
192 
12 
B.  Muatan Lokal
  1. Teknik Penyiaran Televisi
  1.1     Pemograman Web
2
2
  1.2     Bahasa Korea
192 
2
2
C.Pengembangan Diri Pramuka/PMR/Paskibra, dsb
(192)






.
4602
38 
38 
39 
39 
18 
38 
  
JUMLAH

 
:*) Praktek kerja