PERANAN MUSIK DALAM PEMBENTUKAN BUDI PEKERTI

Fenomena krisis moral masyarakat di Indonesia, akhir-akhir ini dirasakan semakin menguat dan merambah ke segenap lapisan masyarakat. Menurut analisis perilaku sosial, fenomena tersebut merupakan salah satu bukti yang menunjukkan tidak terbinanya aspek rasa, budi dan ruhani masyarakat tersebut

Pengembangan Model Pembelajaran Bidang Studi Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Akhlak Siswa SMU di Tanjab Barat

Penelitian ini berangkat dari pemikiran akan perlunya pembelajaran PAI yang berkualitas dan dapat membentuk siswa yang berakhlak mulia, terutama pada tingkat SMU. Hal tersebut didasarkan atas analisa terhadap pelaksanaan PAI di sekolah yang cenderung hanya memperhatikan aspek kognitif dan mengabaikan aspek afektif dan konatif volutif, yaitu kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama shingga dapat membentuk siswa yang berkhlak mulia.

Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penerapan Matematika Siswa Sekolah Dasar

Salam,.....Penelitian tentang pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan penerapan matematika siswa SD dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa SD. Rendahnya hasil belajar tersebut kemungkinan diakibatkan karena kurangnya kemampuan penguasaan konsep matematika di Sekolah Dasar. Guru dalam pembelajaran matematika masih terlalu mekanistik dan strukturalistik, serta kurang memberikan keterkaitan antara materi pelajaran matematika dengan lingkungan kehidupan siswa, sehingga siswa kurang mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. 

Contoh Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal SD

Peningkatan relevansi pendidikan merupakan salah satu dari empat strategi pokok pengembangunan pendidikan nasional. Pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan relevansi pendidikan, antara lain melalui pengembangan kurikulum muatan lokal, namun belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu pengembangan kurikulum muatan lokal masih perlu ditingkatkan dan disempurnakan. Untuk kepentingan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara baik dengan menyempurnakan kurikulumnya, menambah fasilitas dan sumber belajar, maupun meningkatkan kemampuan guru.

Kontribusi Faktor-faktor Internal Terhadap Keberhasilan Belajar Pada Mata Kuliah Materi Pendidikan Agama Islam (Studi Deskriptif Analitik pada Mahasiswa STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat)

PENOMENA: Salah satu mata kuliah yang berfungsi membentuk sikap professional guru Pendidikan Agama Islam adalah mata kuliah Materi Pendidikan Agama Islam. Secara teoretis, keberhasilan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran mata kuliah ini ikut ditentukan oleh karakteristik mahasiswa itu sendiri, di antaranya berupa gaya belajar, sikap dan kebiasaan belajar serta aktivitas yang mereka lakukan dalam merespon strategi pembelajaran yang digunakan dosen dalam perkuliahan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menemukan besarnya konstribusi gaya belajar, sikap dan kebiasaan belajar serta kualitas pembelajaran terhadap keberhasilan belajar mahasiswa pada mata kuliah Materi Pendidikan Agama Islam di STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama

Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk perilaku dan kepribadian individu sesuai dengan prinsip-prinsip dan konsep Islam dalam mewujudkan nilai-nilai moral dan agama sebagai landasan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Akan tetapi, dalam realisasinya di lapangan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran siswa.