Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penerapan Matematika Siswa Sekolah Dasar

Salam,.....Penelitian tentang pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan penerapan matematika siswa SD dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa SD. Rendahnya hasil belajar tersebut kemungkinan diakibatkan karena kurangnya kemampuan penguasaan konsep matematika di Sekolah Dasar. Guru dalam pembelajaran matematika masih terlalu mekanistik dan strukturalistik, serta kurang memberikan keterkaitan antara materi pelajaran matematika dengan lingkungan kehidupan siswa, sehingga siswa kurang mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. 


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dan kemampuan pemahaman dan penerapan matematika pada siswa SD. Disamping itu pula untuk mengetahui pandangan guru terhadap pelatihan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual serta hambatan yang dihadapi guru dalam implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen tanpa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan. Perbandingan hasil belajar siswa antara skor pretes dan postes cukup signifikan.

Selanjutnya dilihat dari pandangan guru terhadap pelatihan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual cukup positif. Guru pada umumnya setuju terhadap seluruh pertanyaan yang diajukan. Kemudian ditinjau dari hasil wawancara, guru menyatakan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual adalah sangat baik, karena dengan pendekatan kontekstual ini siswa termotivasi untuk belajar sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran. Hambatan yang ditemukan guru dilapangan diantaranya kesulitan dalam mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan kehidupan nyata anak.