DAKWAH ISLAM MELALUI RADIO BAB II

BAB II
PROSEDUR PENELITIAN

A. Ruang Lingkup Penelitian
Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang berperilaku yang dapat diamati, (Moeleong, 2002 : 3).
Penelitian ini berada pada Lembaga Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat 104,1 FM. Dalam kontek penelitian ini peneliti dalam memperoleh data tidak diwujudkan dalam bentuk angka, namun data itu diperoleh dari penjelasan dan berbagai uraian yang berbentuk lisan atau tulisan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikasi. (Muhtadi, Djaliel, 2003:113). Pendekatan ini dilakukan untuk dapat mengetahui dan sekaligus mengelompokkan program siaran dakwah yang disiarkan Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat 104,1 FM, serta digunakan sebagai acuan penulis untuk dapat memahami lebih detail tentang program siaran dakwah pormat program dakwah dan manajemen waktu siaran dakwah di Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat 104,1 FM yang berlangsung pada tahun 2006.

Sedangkan spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif yang menjadi karakteristik penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada, (Jamaluddin, 1989 : 34).
B. Jenis dan Sumber Data
Data adalah semua keterangan seseorang yang dijadikan responden maupun yang berasal dari dokumen-dokumen baik dalam bentuk statistik atau dalam bentuk lainnya guna penelitian dimaksud. (Subagyo, 2004 : 87).
Menurut Lofiand sebagaimana dikutip oleh Lexy J. Moeleong, (1993 : 122). Sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan. Berkaitan dengan ini, jenis datanya dibagi menjadi dua yaitu:
a. Data Primer
Data yang diperoleh secara langsung baik yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan alat lainnya. (Subagyo, 2004 : 87). Sumber data ini adalah “yang berupa kata-kata dan tindakan orang yang diamati atau diwawancarai”. (Moeleong, 1993 : 112). Sumber ini penulis ambil dari hasil wawancara dengan pimpinan pelaksana Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang berupa kata-kata dan tindakan yang bertalian erat dengan masalah yang penulis teliti.
b. Datra Sekunder
Ialah data yang diperoleh dari atau berasal dari bahan kepustakaan.. Sumber ini berupa sumber tertulis seperti buku, majalah, arsip dan dokumen mengenai penelitian ini. (Subagyo, 2004 : 87)
Sumber ini digunakan penulis untuk mengumpulkan data-data tertulis tentang program siaran dakwah Islam di Radio yang penulis peroleh dari RSPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Dalam hal ini, penulis gunakan sumber data untuk memperkaya penulis dalam penelitian di RSPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sedangkan sumber statistik tidak digunakan penulis dalam penelitian ini.

C. Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Obeservasi, yaitu Observasi yaitu pengamatan dan pencatatan dengan sistematis terhadap fenomena-fenomena yang diselidiki. (Hadi, 1989 : 163).
Metode ini digunakan untuk mengamati secara langsung proses penyiaran RSPD dari sistem penyiaran, materi dan format siaran dakwah Islam dan informasi lainnya yang dianggap penting dalam penelitian ini.
2. Interview, (wawancara) yaitu suatu kegiatan dilakukan untuk mendapatkan informasi secara langsung dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan dengan responden. (Subagyo, 2004 : 39).
Dalam wawancara tersebut penulis menggunakan wawancara bebas terpimpin, dengan alasan bahwa penulis dapat mengajukan apa saja yang dianggap perlu dan mempunyai pertalian yang erat dengan masalah yang diselidiki tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Penulis selalu berpedoman pada kerangka pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya. Wawancara ditujukan pada pimpinan pelaksana Radio RSPD Tanjung Jabung Barat.
3. Dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen, rapat, legger, agenda dan sebagainya. (Arikunto, 1991 : 188).
Metode ini digunakan untuk memperoleh data-data tentang program siaran yang dianggap perlu dan mendukung terhadap sempurnanya peneli tian ini.
Selain ketiga metode diatas, dalam penelitian ini penulis juga menggunakan beberapa metode untuk memperoleh data tertentu sebagai suatu cara pendekatan ilmiah. Oleh karena sesuai rumusan masalah yang ada dengan pertimbangan bahwa dalam penelitian ini tidak mengejar yang terukur, menggunakan logika matematik dan melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya (Anselm, 2003 : 4), maka jenis penelitian di sini adalah penelitian kualitatif. Dalam konteks penelitian ini, peneliti dalam memperoleh data tidak diwujudkan dalam bentuk angka, namun data itu diperoleh dalam bentuk penjelasan dan berbagai uraian yang berbentuk lisan maupun tulisan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikasi. Pendekatan yang dimungkinkan dapat digunakan dalam proses penelitian dakwah. (Muhtadi, 2003 : 112).
Penelitian ini berusaha menggambarkan situasi atau kejadian. Data yang dikumpulkan semata-mata bersifat deskriptif sehingga tidak bermaksud mencari penjelasan, menguji hipotesis, membuat prediksi, maupun mempelajari implikasi. 

D. Teknik Analisis Data
Setelah proses memperoleh data-data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, langkah selanjutnya adalah mengklasifikasi sesuai dengan permasalahan yang diteliti, kemudian data-data tersebut disusun dan dianalisa dengan tehnik analisis data.
Analisis data menurut Patton dalam bukunya Lexy J. Moleong, (2004 : 103). Adalah proses mengatur urutan data kemudian mengorganisasikannya kedalam suatu pola kategori dan saluran uraian dasar.
Atas dasar pengertian analisis data di atas, peniliti dalam penelitian ini menggunakan teknik Analisis Induksi Analitik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data-data, yang terkait dengan program siaran dakwah Islam di RSPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang telah penulis peroleh dari lapangan, baik itu data lisan yang diperoleh melalui wawancara maupun data tertulis yang berupa dokumen atau naskah-naskah mengenai program siaran dakwah Islam radio RSPD Tanjung Jabung Barat.
Kemudian data-data tersebut penulis deskripsikan dengan menggunakan metode berpikir induktif, yaitu proses berpikir dari fakta-fakta khusus, peristiwa-peristiwa konkrit yang kemudian ditarik pengertian yang bersifat umum. (Hadi, 2004), untuk kemudian dianalisis, dikritisi, dan disajikan dalam bentuk teks.