Pengantar Kajian Fiqih

Rasulullah saw. diutus kepada semua umat manusia utk menyampaikan risalah Islam. Tidak ada permasalahan yg dihadapi para sahabat kecuali mendapat penjelasan dari Allah SWT dalam Alquran atau dari hadis-hadis Rasulullah saw. Jadi rujukan pertama pada masa itu adl Rasulullah saw. Setelah Alquran tidak turun lagi dgn meninggalnya Rasulullah saw. para sahabat utamalah sebagai rujukan dalam memutuskan berbagai permasalahan agama krn merekalah yg paling mengerti tentang Alquran dan sunah Rasulullah saw. Dan tidak jarang mereka melakukan ijtihad dan melakukan kesepakatan dalam memutuskan berbagai masalah pelik yg dihadapi.

Sampai masa para imam mujtahid yg masing-masing berijtihad berdasarkan dalil-dalil yg ada pada mereka. Akhirnya terbentuklah beberapa mazhab dalam bidang fikih dan yg dibukukan dan masih banyak pengikutnya hingga masa sekarang adl empat mazhab Hanafi Maliki Syafii dan Hanbali. Dari keempat mazhab tersebut buku-buku fikih yg paling banyak beredar di Indonesia adl yg berasal dari mazhab Syafii juga mazhab Hanbali walau dalam kadar yg tidak begitu besar.

Kajian fikih di sini tidak disajikan secara mendalam dalam arti tidak membahas masalah perbedaan mazhab yg cukup rumit bagi pembaca. Oleh krn itu bagi yg memiliki masalah fikih yg dialami oleh pembaca atau yg terjadi di tengah-tengah masyarakat dan masalah itu belum terjawab dalam tulisan ini kami mempersilahkan Anda utk mengirim pertanyaan lewat rubrik konsultasi dalam situs kami ini.

Demikianlah pengantar dari kajian ini semoga Allah memberkati kita semua amin.

sumber file al_islam.chm