Mandi Wajib

Disyariatkan Al-quran dan sunah. Allah berfirman Jika kalian junub maka mandilah. Allah juga berfirman sedang kalian dalam keadaan junub kecuali sekedar berlalu saja hingga kalian mandi. {An-Nisa 43}.
Rasulullah saw. bersabda Jika kemaluan laki dan kemaluan wanita saling bersentuhan maka wajiblah mandi. 

Hal-Hal yg Mewajibkan
    Jinabat atau yg berkaitan dgn hubungan suami istri yaitu apabila dua alat kelamin saling bertemu meskipun tanpa inzal . Inzal adl keluarnya mani disertai dgn keni’matan dari laki-laki maupun perempuan baik dalam keadaan terjaga maupun sedang tidur.
    Allah berfirman Jika kalian junub maka mandilah. .
    Rasulullah saw. bersabda Jika dua alat kelamin telah bertemu maka wajib mandi. .
    Berhentinya darah haid dan nifas. Berdasarkan dalil firman Allah Oleh sebab itu hendaklah kalian menjauhkan diri dari wanita pada waktu haid dan janganlah kalian mendekati mereka sebelum mereka suci . . Rasulullah saw. bersabda Tahanlah selama engkau menahan haidmu kemudian mandilah. .
    Masuk Islam. Barang siapa dari orang-orang kafir masuk Islam ia wajib mandi. Rasulullah saw. menyuruh Tsumamah al-Hanafi utk mandi ketika masuk Islam.
    Kematian. Ketika orang muslim mati ia wajib dimandikan. Karena Rasulullah saw. memerintahkan hal tersebut yaitu saat kematian Zainab seperti disebutkan dalam hadis sahih.
Hal-Hal yg Disunahkan utk
    Hari Jumat berdasarkan sabda Rasulullah saw. pada hari Jumat adl wajib bagi orang yg telah mimpi . {Mutaffaq Alaih}.
    Ihram. Orang yg ihram baik utk haji maupun umrah disunahkan mandi. Selain hal itu adl kebiasaan Rasulullah saw. beliau juga memerintahkannya.
    Memasuki Mekah dan wukuf di Arafah krn Rasulullah saw. mengerjakan hal tersebut.
    Usai memandikan mayit. Barang siapa telah memandikan mayit ia disunahkan mandi berdasarkan hadis yg telah disebutkan.
Hal-Hal yg Diwajibkan ketika
    Niat yaitu keinginan hati utk menghilangkan hadas besar dgn mandi. Rasulullah saw. bersabda Sesungguhnya seluruh amal perbuatan itu tergantung pada niat. Dan bagi tiap orang apa yg ia niatkan. .
    Menyiramkan air ke seluruh tubuh dgn menggosok bagian-bagian yg bisa digosok dan menyiramkan air ke bagian-bagian yg tidak bisa digosok hingga seseorang merasa yakin bahwa air telah membasahi seluruh tubuhnya.
    Menyela-nyela jari-jari dan rambut kepala dgn air dan mencermati daerah-daerah yg tidak terkena air seperti pusar dan yg lainnya.
Hal-Hal yg Disunahkan ketika
    Membaca basmalah krn hal ini disyariatkan dalam semua amal perbuatan.
    Membersihkan kedua telapak tangan sebelum memasukkannya ke tempat air seperti yg telah dijelaskan.
    Memulai dgn membersihkan kotoran terlebih dahulu.
    Mendahulukan organ-organ wudu sebelum yg lainnya.
    Berkumur menghirup air dgn hidung membersihkan telinga luar dan dalam.
Hal-Hal yg Dimakruhkan ketika
    Berlebih-lebihan dalam menggunakan air. Rasulullah saw. mandi dgn air satu sha’ .
    di tempat yg najis krn dikhawatirkan akan terkena najisnya.
    dgn air sisa bersucinya wanita. Rasulullah saw. melarang mandi dgn air sisa bersucinya wanita seperti yg telah disebutkan sebelumnya.
    tanpa penutup misalnya dgn tembok atau yg lainnya. Berdasarkan dalil-dalil berikut. Maimunah r.a. berkata Aku persiapkan air utk Rasulullah saw. dan menutupi beliau kemudian beliau mandi. . Jika sekiranya mandi tanpa menggunakan penutup tidak dimakruhkan pasti Maimunah tidak menutupi Rasulullah saw. ketika sedang mandi. Rasulullah saw. bersabda Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla bersifat malu dan menutup menyukai sifat malu. Maka jika salah seorang dari kalian mandi hendaklah menggunakan penutup. {HR Abu Dawud}.
    dgn air yg tidak mengalir. Rasulullah saw. bersabda Janganlah seseorang di antara kalian mandi di air yg tidak mengalir sedang dia junub. .
sumber file al_islam.chm dan http://blog.re.or.id