Membuat Blog Anda Agar Cepat Diakses

Untuk menjadikan blog lebih menarik dan membetahkan pengunjung. Dibutuhkan kecepatan dalam mengakses atau meloading halaman blog sangatlah penting, hal ini dapat membantu Anda dalam menarik lebih banyak pembaca ke blog Anda. Kalau sebaliknya, lambat, berat atau (lemot kata orng sekarang), maka pengunjung puan kurang tertarik.

Untuk mengantisipasi ataupun meminimalisir hal-hal diatas, Ada beberapa tips yang dapat Anda implementasikan agar blog Anda dapat terload lebih cepat dan menarik lebih banyak pengunjung :

Posts

Cobalah mengurangi jumlah postingan yang akan muncul pada halaman index atau halaman depan/awal blog Anda. Ada baiknya 10 atau kurang dari 10 postingan saja yang muncul dihalaman depan. Pergunakan juga metode "cuplikan" dengan fasilitas "read more" agar postingan lebih cepat terload. Karena hanya beberapa paragraph atau kalimat saja yang akan muncul dihalaman depan, sehingga loading page akan lebih cepat.

Layout halaman
Pemilihan layout halaman pastinya sangat berpengaruh besar dalam hal ini. Halaman yang tersusun rapi antara "Header - Main Page - Footer dan Sidebar" pastinya akan lebih cepat tampil dan tersusun rapi dilayar komputer Anda. Themes atau pun template, merupakan hal yang paling berpengaruh dalam loading blog. Template yang berisi gambar yang banyak pasti akan lebih lambat ter-Loadnya ketimbang template yang hanya terdiri dari permainan warna dan gradasi warna. Tips dari Saya, usahakan untuk mengurangi penggunaan gambar yang terlalu banyak pada template dan cobalah menggantinya dengan permainan warna saja. Karena warna tidak memberikan pengaruh pada kecepatan load. Jika memang diharuskan menggunakan gambar, cobalah potong (slice) gambar tersebut menjadi bagian-bagian kecil.

JavaScript dari pihak ketiga dan Link

Agar lebih mengoptimalkan kecepatan loading, Saya menyarankan menggunakan Widgets, JavaScripts dan links bawaaan dari penyedia atau engine blog Anda. Namun, jika memang Anda ingin menambahkan JavaScript dan link lain, Sebaiknya letakkan saja script tersebut dibawah blog Anda atau dibagian bawah (footer) script HTML/XML anda. Agar javascript atau link external itu terakhir dipanggil.

Images dan Media

Semakin banyak jumlah gambar, video ataupun fitur multimedia lain yang ingin Anda pasang di Blog Anda maka akan semakin lama loading halaman web Anda. Untuk itu Anda perlu mengoptimasi kecepatan loading tiap element multimedia Anda, diantaranya :

#. Kompresi ukuran image Anda dengan software editing semisal Photoshop, atau pergunakan Thumbnail, yang nantinya jika diklik menuju ke gambar sebenarnya.

#. Untuk ukuran image atau file media lain yang cukup besar, pergunakan saja layanan hosting image dan multimedia dari pihak ketiga, semisal Photobucket, Flickr, Picasaweb, Youtube.com, dll.

#. Untuk blogspot, umumnya image yang ada pada template berasal dari tempat lain semisal : Photobucket atau hostingan lain. Nah ada baiknya image-image tersebut anda simpan saja di google pages agar lebih cepat diload, mengingat google pages juga satu layanan dari google corp.

Saran Lain

#. Jika Anda menggunakan Custom CSS di blog Anda, pastikan script CSS tersebut anda letakan diatas halaman Anda agar lebih dahulu terbaca.

#. Konten yang paling penting dan paling menarik pada blog Anda, harus lah tampil lebih dahulu dan tercepat. Oleh karena itu, tempatkanlah point-point terpenting dari blog Anda pada bagian atas layout Anda.

Nah untuk mengidentifikasi seberapa cepat loading halaman blog Anda, ada tools yang dapat anda pergunakan, yaitu "StopWatch" dari numion.com. website tersebut menyediakan fasilitas penghitungan loading pages pada web/blog Anda. Anda cukup memasukan URL Web/Blog Anda pada kotak yang disediakan dan klik "Start StopWatch".