Komunikasi


Inilah praktik untuk menyatakan segala sesuatu dengan jelas, tanpa agenda yang tersembunyi. Bila Anda menggunakan teknik ini, rekan Anda tidak akan mengira-ngira dan malah salah mengerti terhadap yang Anda katakana.

  OTFD : Open The Front Door

O = Observation    (Pengamatan)

"Anda tidak ikut rapat pagi ini."

T = Thought        (Pikiran)

"Saya pikir Anda melupakan atau tidak merasa itu penting."

F = Feeling        (Perasaan)

"Ketika Anda tidak muncul, saya merasa marah dan frustasi."

D = Desire        (Keinginan)

"Jika Anda tidak bisa ikut rapat, saya ingin Anda memberitahu sehari sebelumnya atau segera setelah Anda tahu bahwa Anda tidak bisa ikut."

 

Apologi empat bagian :

  1. Akui Hal yang Anda Lakukan
    Bertanggungjawablah dengan mengakuinya

    "Saya mengakui bahwa saya mengacaukan rencana Anda dan menyakiti perasaan Anda ketika saya tidak dapat hadir dalam rapat."

  2. Meminta Maaf
    Nyatakan biaya atau kerusakan yang disebabkan oleh tindakan Anda

    "Saya minta maaf karena menyakiti Anda dan membuang-buang waktu Anda dengan membuat Anda menunggu saya."

  3. Selesaikanlah
    Uraikan konsekuensi-konsekuensi sikap Anda dan tawarkan suatu penyelesaian

    "Saya tahu Anda telah menunggu saya setengah jam. Adakah pekerjaan yang dapat saya bantu untuk mengganti waktu Anda yang terbuang ?"

  4. Berjanji
    Buatlah suatu komitmen untuk berprilaku yang pantas

    "Saya setuju akan tepat waku atau menelepon sebelumnya jika saya tidak bisa."


 

PROSES PERTALIAN

Untuk membantu orang agar saling mengenal dengan lebih baik.

Setiap orang memilih seorang rekan, lebih utama seseorang yang kurang mereka kenal dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu. Pertanyaan yang dipakai adalah :

  1. Katakan pada saya sesuatu yang saya tidak tahu mengenai Anda
  2. Katakan pada saya sesuatu yang Anda sukai dari saya
  3. Katakan pada saya sesuatu yang sama-sama kita sukai
Seorang rekan menanyakan kepada rekannya beberapa pertanyaan dan menjawab hanya dengan "Terima kasih". Kemudian mereka berganti peran.Mereka mengulangi sederetan pertanyaan sebanyak tiga kali. Orang selalu muncul dengan sesuatu yang baru setiap kali dan sering kali putaran ketigalah yang paling memberikan pengaruh. Kemudian mereka berganti rekan.