-
Pendahuluan
Layanan konseling kelompok pada hakekatnya adalah suatu proses antar pribadi yang dinamis, terpusat pada pikiran dan perilaku yang disadari, dibina dalam suatu kelompok kecil mengungkapkan diri kepada sesama anggota dan konselor, dimana komunikasi antar pribadi tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri terhadap nilai-nilai kehidupan dan segala tujuan hidup serta untuk belajar perilaku tertentu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya (Winkel, 2004).
Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa
DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKANSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
KODE : 072
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASIPROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : MULTI MEDIA
- Definisi
2.Tujuan Program Keahlian Multimedia
Tujuan program keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
mengoperasikan softwareb. mengoperasikan software
dan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design
dan periferal multimedia, presentation,2D animation, dan 3D animation
c. mengoperasikan software dan periferal digital audio, digital video, dan visual effects
- Standar Kompentasi Lulusan
Kompetensi Umum
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggungjawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-aturan sosial.
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah komplek.
Menunujukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab.
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
Mengapresiasikan karya seni dan budaya.
Menghasilkan karya kreatif baik individual maupun kelompok.
Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani serta kebersihan lingkungan.
Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
Kompentensi Kejuruaan
- Menginstallasi sistim operasi
- Menyusun penawaran proposal proyek multimedia
- Membuat animasi stop-motion (bidang datar)
- Menerapkan efek khusus pada objek produksi
- Menerapkan prinsip-prinsip seni fotografi dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
- Merawat peralatan Shooting
- Memperbarui isi halaman web
- Menguasai Teknik pengambilan gambar produksi
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
- Menginstallasi sistim operasi
- Standar Kompentasi Lulusan
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
|
|
|
|
KOMPETENSI KEJURUAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Ruang lingkup pekerjaan
No. | Dunia usaha/industri | Lingkup pekerjaan |
1. | Pengembang Web (Web Development) |
|
2. | Pengembang Multimedia (Multimedia Development) |
|
3. | Pengembang Permainan (Game Development) |
|
4. | Rumah Produksi Sinema/Film (Production House) |
|
5. | Industri Media dan Periklanan (Media and Advertisement) |
|
6. Program pembelajaran(Kurikulum)
Durasi:Program keahlian Tehnik Multimedia sesuai dengan SKSD berikut ini untuk SMK 3 Tahun
Substansi pembelajaran1). Mata Pelajaran :
a. Dasar Multimediab. Installasi soft ware sistim operasi dan aplikasic. Tehnik Grafisd. Tehnik Animasie. Tehnik pengambilan gambarf. Tehnik Pengambilan videog. Penyusunana proposalh. Administrasi Webg. Tehnik Produksi2). Muatan Lokal
a. Bahasa Koreab. Pemograman Web3). Muatan Lokal Pengembangan diri
a. kepemimpinanb. Kesenianc. Rohis
STRUKTUR PROGRAM KURIKULUM
Bidang Keahlian: Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian: Multimedia
NO. | KOMPONEN | JUMLAH JAM 3 TAHUN | JAM PELAJARAN | |||||
KELAS X | KELAS XI | KELAS XII | ||||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1*) | 2 | |||
A. | Mata Pelajaran | |||||||
1. Normatif | ||||||||
1.1 Pendidikan Agama | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
1.2 Pendidikan Kewarganegaraan | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
1.3 Bahasa Indonesia | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
1.4 Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
1.5 Seni Budaya | 128 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
2. Adaptif | ||||||||
2.1 Matematika | 516 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | |
2.2 Bahasa Inggris | 456 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | |
2.3 Ilmu Pengetahuan Alam | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
2.4 Ilmu Pengetahuan Sosial | 128 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
2.5 KKPI | 202 | 4 | 4 | |||||
2.6 Kewirausahaan | 192 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
3. Produktif | ||||||||
3.1 Dasar Kompetensi Kejuruan: | 128 | 128 | ||||||
3.1.1 Perakitan PC | 64 | 2 | 2 | |||||
3.1.2 Installasi software sistim operasi dan aplikasi | 64 | 2 | 2 | |||||
3.1 Kompetensi Kejuruan | ||||||||
3.2.1 Tehnik Grafis | 128 | 4 | 4 | |||||
3.2.2 Tehnik Animasi | 128 | 4 | 4 | |||||
3.2.3 Tehnik pengambilan gambar | 96 | 3 | 3 | |||||
3.2.4 Tehnikpengambilan video | 256 | 8 | 8 | |||||
3.2.5 Administrasi Web | 64 | 8 | 8 | |||||
3.2.6 Penyusunan Proposal | 128 | 8 | ||||||
3.2.7 Tehnik Produksi | 192 | 12 | ||||||
B. | Muatan Lokal | |||||||
1. Teknik Penyiaran Televisi | ||||||||
1.1 Pemograman Web | 2 | 2 | ||||||
1.2 Bahasa Korea | 192 | 2 | 2 | |||||
C. | Pengembangan Diri Pramuka/PMR/Paskibra, dsb | (192) | ||||||
. | 4602 | 38 | 38 | 39 | 39 | 18 | 38 | |
JUMLAH |
Langganan:
Postingan (Atom)